Cirebon -

Paripurna snarsv 2021
rshitam

Jl. Kesambi No. 56 Kota Cirebon Jawa Barat

Kegiatan Proctorship Kedua
KEMENKES GELAR PROKTORSHIP KE-2, UPAYA OPTIMALISASI SISTEM TUJUKAN KARDIOVASKULAR NASIONAL

Halo KawanSehat πŸ‘‹

Dalam upaya optimalisasi system rujukan kardiovaskular kemenkes melaksanakan proctorship yang kedua, setelah RSD Gunung Jati ditunjuk menjadi rujukan nasional kardiovaskular. Kegiatan Proctorship ini dilaksanakan oleh Tim Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) dan berlangsung selama dua hari yaitu Jumat dan Sabtu 24–25 Februari 2023.

Yang membedakan dari proctorship sebelumnya adalah bertambahnya alat cathlab yaitu IVUS (Intravaskular Ultrasound) dan FFR (Fractional Flow Reserve). Alat ini mampu melihat langsung perlu atau tidaknya tindakan menggunakan ring. Alat IVUS sejenis USG atau kamera yang dimasukkan kedalam sel pembuluh darah untuk melihat struktur pembuluh darah, memastikan ukuran range yang akan dimasukkan. Sedangkan alat FFR untuk melihat suatu penyempitan pembuluh darah pada jantung, apakah perlu dipasang range, atau cukup pengobatan saja.

Adapun tim dari RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yaitu dr. Amir Aziz Alkatiri, Sp.JP., FIHA, dr. Nanda Iryuza, Sp.JP, Eka Dwiyati, S.Kep, Ners dan Samsudin Simon, A.Md.Kep. Dengan ketersediaan layanan jantung di Cathlab ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat wilayah III Cirebon dan sekitarnya agar tidak perlu jauh ke rumah sakit di luar kota.

Salam Sehat,
dari
RSD Gunung Jati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

slot gacorslot toto